Headlines
Loading...
Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H / 2024 M

Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H / 2024 M

 



Pesantren Ramadhan 1445 H yang berlangsung di Musholla Darul Hijrah SMA Negeri 10 Banjarmasin selama lima hari, dari tanggal 18 Maret 2024 sampai dengan 22 Maret 2024 dengan tema “Ramadhan dan Pembentukan Karakter: Meningkatkan Akhlak dan Kepedulian Sosial”. Pesantren Ramadhan 1445 H telah menghadirkan serangkaian kegiatan spiritual yang mendalam bagi seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Hidayat, Kepala SMA Negeri 10 Banjarmasin pada hari Senin, 18 Maret 2024 pada pukul 08.00 pagi. Kegiatan pembukaan dihadiri oleh para wakil kepala sekolah, guru dan staf, Panitia Pesantren Ramadhan 1445 H serta siswa kelas XII sebagai peserta kegiatan hari pertama. Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan Sholat Dhuha berjamaah, yang kemudian disambung dengan tadarus Al-Qur'an. Puncak dari hari pertama diperkaya dengan ceramah agama yang penuh inspirasi dari Ustadz Adi Rahman, menandai dimulainya perjalanan spiritual selama Pesantren Ramadhan. 




Selain pembinaan spiritual melalui ceramah dan tadarus, Pesantren Ramadhan ini juga menggelar serangkaian kegiatan sosial dan kompetitif yang melibatkan partisipasi aktif siswa, guru, serta staf. Penggalangan dana untuk bakti sosial merupakan salah satu kegiatan yang menonjol, di mana seluruh peserta diajak untuk berkontribusi dalam memberikan bantuan sembako kepada beberapa siswa yang membutuhkan. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan materi, tetapi juga mengajarkan nilai penting kepedulian dan empati kepada siswa.

Kegiatan pesantren dimeriahkan dengan lomba sambung ayat dan lomba nasyid, yang diikuti oleh perwakilan siswa dari masing-masing kelas. Lomba ini tidak hanya bertujuan untuk memperdalam pengetahuan keislaman, khususnya tentang teknik dan cara membaca  surah-surah pendek secara benar sesuai dengan hukum dan tata cara membaca Al-qur’an. Selain itu, kegiatan ini, khususnya Lomba Nasyid Ramadhan diharapkan tidak hanya menjadi sarana positif untuk mengasah bakat siswa di bidang seni lagu-lagu religius, tetapi juga untuk membangun semangat kebersamaan dan kompetisi yang sehat di antara siswa. Melalui lomba ini, siswa diharapkan dapat meningkatkan kecintaan mereka terhadap nilai-nilai Islam dan mempererat tali persaudaraan.




Hari terakhir Pesantren Ramadhan, pada tanggal 22 Maret 2024, ditandai dengan dilaksanakan acara penutupan. Acara penutupan ditandai dengan adanya Laporan Pelaksnaan Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H oleh Ketua Panitia Pelaksana. Selain itu, penutupan kegiatan secara resmi dilakukan oleh Kepala Sekolah. Di akhir acara, diadakan pemberian hadiah kepada para siswa yang berprestasi dalam kegiatan, seperti peserta terbaik dan pemenang lomba sambung ayat dan nasyid, serta pembagian paket Ramadhan kepada siswa yang dianggap layak menerimanya.  Hadiah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bapak Hidayat, Kepala SMA Negeri 10 Banjarmasin, dan Bapak Supiansari, selaku Ketua Panitia Pesantren Ramadhan. Penyerahan hadiah ini bukan hanya merupakan pengakuan atas keberhasilan siswa dalam kompetisi, tetapi juga sebagai motivasi bagi siswa lain untuk terus berprestasi dan mengembangkan potensi diri.







0 Comments: